Senin, 30 Juni 2014

Sejarah Berdirinya MA. Wahid Hasyim Trawas

SEJARAH BERDIRINYA MA. WAHID HASYIM TRAWAS



Pada tanggal 04 Juli 1985 tiga orang yaitu, Drs. H.Moh. Halim Fathoni, Drs. Naib, Bpk. Jaiz, S.Ag. mencetuskan sebuah ide untuk mendirikan sebuah Lembaga Pendidikan berlatar belakang Islami setingkat SMA. Ide mereka bertiga direspon dengan baik oleh beberapa orang terkemuka salah satunya Drs. H. R.Mahmudi selaku PPAI (Penilik Pendidi

kan Agama Islam), selanjutnya secara formal surat permohonan pendirian Madrasah Aliyah Wahid Hasyim disampaikan  kepada Departemen Agama Provinsi Jawa Timur oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Ma’arif Cabang Mojokerto dengan nomor surat Mjk.251/ LPM/ A.1/XII/89. rekomendasi dari Bupati Kepala Daerah Tingkat II Mojokerto Nomor: 421.3/ 327/406-17/1990, tertanggal 29 Januari 1990. Rekomendasi Departemen Agama Kabupaten Mojokerto No. Mn.14/00.00/PP.03.2/7/1990.
Pada saat itu kepala sekolah pertama adalah Drs. Khoiruman dari Mojosari, berjalan beberapa bulan kemudian karena sesuatu dan lain hal Drs. Khoiruman tidak aktif lagi maka terjadi pergantian kepala sekolah oleh Drs.R. Mahmudi, dalam  kurun waktu dua tahun, kepemimpinan selanjutnya dijabat oleh Drs. H. Moh. Halim Fathoni, S.Pd. hingga saat ini.
Secara historis melalui jalan yang cukup panjang tentunya MA “Wahid Hasyim” Kab. Mojokerto, telah mengalami beberapa jenjang akreditasi, meliputi :
1)     Terdaftar pada Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Nomor :  W.m. 06004/477/3-C/Ket./1991, tertanggal 19 januari 1991
2)     Piagam Pendirian Madrasah Swasta Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Nomor : D/Wm/MA/42/93, tertanggal 16 Agustus 1993.
3)     Terdaftar pada DIRJEN BINBAGA ISLAM Departemen Agama RI Nomor: C/E.IV/MA/0161/94, tertanggal 29 April 1994
4)     Diakui pada DIRJEN BINBAGA ISLAM Departemen Agama RI Nomor:  B/ E.IV/MA/920/99, tertanggal 29 Maret 1999.
5)     Terakreditasi dengan peringkat B pada Departemen Agama Propinsi Jawa Timur Nomor : B/Kw.13.4/MA/499/2006, tertanggal 10 Mei 2006.
Selain jenjang tersebut MA Wahid Hasyim Trawas banyak mengantarkan peserta didik yang saat ini mereka telah melakukan berbagai peran ditengah-teng
ah masyarakat. Banyak diantara mereka yang mempunyai kedudukan penting ,baik ditingkat desa maupun di tingkat regional. Disinilah peran Madrasah dalam mewujudkan misinya untuk ikut serta dalam mencerdaskan dan membangun bangsa, dari faktor historis ini  merupakan suatu bukti keberhasilan dalam mengembangkan salah satu misinya sebagai Madrasah alternatif masa depan

1 komentar: